PPG – Bahan Pengayaan dan Remedi Bahasa Inggris

KOMPETENSI PROFESIONAL: PPG Bahasa Inggris

 

Pengembangan pedoman ini didasari dari hasil evaluasi penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertifi kasi guru melalui PPG, hasil evaluasi menunjukkan angka tingkat kelulusan peserta khususnya di UP PPG-PGDK relatif masih rendah (dibawah 35%). Untuk itu perlu adanya suatu usaha dalam membekali peserta PPG-PGDK dan meningkatkan tingkat kelulusan sesuai dengan harapan yang telah ditargetkan pada program tersebut. Usaha yang dimaksud perlu adanya bahan ajar remediasi dan pengayaan sebagai sumber belajar yang memudahkan guru (peserta) dalam mengikuti PPG-PGDK selanjutnya.

Bahan pengayaan dan remediasi mata pelajaran Bahasa Inggris yang dikembangkan ini mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) yang telah dikembangkan oleh tim penyusun soal UP pusat. Selain itu, bahan pengayaan dan remediasi yang dikembangkan ini mencakup soal-soal yang berasal dari soal UP tahun-tahun yang lalu, kunci dan pembahasannya. Untuk mata pelajaran Bahasa Inggris soal materi kompetensi pedagogi juga dalam bahasa Inggris.

Dengan dikembangkan bahan ajar ini, peserta PPG PGDK akan mampu merefl eksikan kemampuannya baik itu di kompetensi pedagogi maupun profesionalnya. Bahan ajar ini juga dikembangkan dengan berfokus pada bagaimana cara peserta menjawab soal-soal UP PPG dengan memperhatikan pada pembahasannya. Namun, bahan atau sumber lain juga diharapkan dapat dipelajari oleh peserta PGDK untuk mendukung pemahaman pembahasan dalam bahan ajar ini.
Kesimpulannya, bahan ajar pengayaan dan remediasi mata pelajaran bahasa Inggris ini diharapkan mampu memudahkan guru (peserta) mata pelajaran bahasa Inggris yang mengikuti PPG PGDK untuk menghadapi atau menjawab soal-soal UP PPG.