PPG – Bahan Pengayaan dan Remedi Pedagogik Umum

KOMPETENSI PADAGOGIK UMUM

 

Undang Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pasal 8 menyatakan bahwa guru wajib memiliki kualifi kasi akademik, kompetensi, sertifi kat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Hal ini berlaku pula untuk Guru daerah khusus (Gurdasus), bahwa di samping harus memenuhi kualifikasi S1/DIV, juga harus memiliki sertifi kat pendidik yang diperoleh melalui PPG. Gurdasus yang telah mengabdi di daerah khusus umumnya memiliki kendala dalam meningkatkan kompetensi dan keprofesionalannya yang diperoleh melalui program PPG. Dikarenakan kondisi, tantangan, dan hambatan yang dihadapi Gurdasus dalam mengikuti program PPG, maka pada tahun 2108 dilakukan kegiatan prakondisi dalam bentuk pelatihan yaitu PGDK
untuk menyiapkan Gurdasus agar berhasil dalam menyelesaikan program PPG. Hal ini dalam rangka memenuhi amanat UU Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005 Pasal 12, bahwa setiap orang yang memperoleh sertifi kat pendidik memiliki kesempatan yang sama untuk diangkat menjadi guru pada satuan pendidikan tertentu.
Namun demikian hasil evaluasi penyelenggaraan pra kondisi dan PPG PGDK tahun 2018 dalam rangka sertifi kasi guru melalui PPG, menunjukkan angka tingkat kelulusan peserta khususnya di UP PPG-PDGK relatif masih rendah yaitu dibawah 35%. Beberapa catatan hasil evaluasi pada saat pembeklan awal sebelum program PPG berlangsung yaitu pelaksanaan pembekalan yang berlangsung sebelum PPG dirasa masih kurang efektif karena beberapa peserta mengalami penyesuaian budaya dan lingkungan, penyampaian materi dan soal yang diujikan di UP kurang sinkron, tingkat kesukaran soal UP cukup tinggi dan lain sebagainya.

Untuk itu perlu adanya upaya dan strategi lain dalam rangka membekali peserta PPG-PGDK agar dapat sukses mengikuti UP PPG khususnya pada waktu melakukan remedi. Pengembangan bahan pengayaan dan remedi disusun sebagai upaya agar peserta PGDK yang belum lulus dapat sukses ketika mengikuti program remedi UP PPG tahun 2019. Bahan pengayaan dan remedi yang dikembangkan berisi kompetensi, capaian pembelajaran, indikator esensial, soal dan pembahasan yang kisi-kisinya telah disinkronkan dengan kisi-kisi UP PPG. Usaha ini tidak lain agar peserta Gurdasus memiliki sumber belajar yang memudahkan guru dalam mengikuti program remedi UP PPG.

Baca juga:   PPG – Bahan Pengayaan dan Remedi Ekonomi

Bahan pengayaan dan remedi ini khusus untuk materi pedagogik, karena salah satu
kompetensi yang penting dikuasai oleh guru adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru yang berkenaan dengan pemahaman terhadap peserta didik dan pengelolaan pembeajaran mulai dari merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi. Secara umum kompetensi inti pedagogi meliputi;

(a) menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fi sik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual,
(b) menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik,
(c) mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu,
(d) menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik,
(e) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran,
(f) memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki,
(g) berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik,
(h) menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar,
(i) memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran,
(j) melakukan tindakan refl ektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.